Monday, October 02, 2006

Bill Gates Mundur dari Microsoft

Redmond, Washington, Jumat


Kirim Teman | Print Artikel
Microsoft/Robert Sorbo
Dalam konferensi pers di Redmond, Washington, pendiri Microsoft Bill Gates menyatakan akan menyerahkan seluruh tanggung jawab rutinnya di Microsoft pada Juli 2008.

Bill Gates akan mengakhiri peran rutinnya di Microsoft efektif sejak Juli 2008 dan akan fokus di yayasan kesehatan dan pendidikan global miliknya, Bill & Melinda Gates Foundation. Meskipun demikian, posisinya sebagai ketua dan penasehat Microsoft akan tetap dijabatnya sampai waktu yang tidak ditentukan.

Pengumuman ini merupakan kelanjutan proses transisi yang telah dikerjakan dalam beberapa tahun terakhir. Pada Januari 2000, Bill Gates menempati jabatan baru sebagai kepala arsitek perusahaan dan posisinya sebagai chief executive officer (CEO), yang mengendalikan penuh operasional rutin dan strategi bisnis perusahaan, dialihkan kepada Steve Ballmer.

"Bill dan saya yakin bahwa kami memiliki tim yang hebat dan dapat membantu mewujudkan tujuan dan mendorong inovasi Microsoft ke depan tanpa satu pun yang terlewatkan," kata Ballmer. Ballmer dan Gates menyadari bahwa Microsoft telah mengembangkan secara matang kepemimpinan seniornya dalam beberapa tahun terakhir.

Untuk melancarkan proses transisi ini, Microsoft mengumumkan penunjukan Ray Ozzie sebagai kepala arsitek software yang baru menggantikan Gates. Microsoft juga menunjuk Craig Mundie sebagai kepala penelitian dan strategi. Keduanya akan bekerja sama dengan Bill Gates dalam melakukan pengawasan dan tanggung jawab semua arsitektur teknis dan produk serta mengambil alih tanggung jawab penelitian dan inkubasi perusahaan.

"Transisi ini dilakukan penuh hati-hati dan melalui berbagai pendekatan. Dua tahun masa transisi akan memastikan perusahaan mengalami pemindahan strategi dan pengetahuan yang lancar dari Bill ke pemimpin generasi penerus," kata James I. Cash, Ph.D., anggota dewan direksi Microsoft dan James E. Robison, profesor Harvard Business School. "Steve dan tim manajemennya sangat mengesankan dan saya sangat yakin ini tidak salah satu langkah pun."

"Saya masih berkomitmen penuh dan akan bekerja penuh di Microsoft hingga Juli 2008 dan akan bekerja berdampingan dengan Ray dan Craig untuk memastikan transisi ini berjalan lancar," kata Gates. "Saya sangat yakin jalan untuk Microsoft ke depan tetap terang seperti sebelumnya."

Sumber: *
Penulis: Wah

No comments: